• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Apa Itu Bitcoin?

 

Karena perkembangan zaman,transaksi jual beli di internet ternyata telah berkembang dengan begitu pesatnya. Bukan cuma proses transaksinya yang semakin beraneka ragam, sekarang juga mucul sebuah mata uang virtual yang bernama Bitcoin.



Mungkin mereka yang sudah terjun di dunia bisnis online sudah mengetahui tentang Bitcoin ini, karena Bitcoin sudah banyak diterima disebagian masyarakat dan banyak yang sudah menggunakan mata uang virtual ini.

Bitcoin adalah mata uang virtual. Bitcoin dikembangkan oleh orang yang bernama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Jika ditanya bentuknya seperti apa, yang jelas bukan seperti mata uang yang dikeluarkan oleh bank. Bentuk dari Bitcoin hanyalah sebuah file-file seperti biasa. Layaknya file mp3 atau file foto, Bitcoin juga bisa disimpan di dalam komputer ataupun software yang bernama Bitcoin Digital Wallet. Bitcoin juga bisa disimpan di jasa penyimpanan online (Wallet) seperti Blockchain ataupun Coinbase.

Fitur-fitur dari Bitcoin:
  1. Transfer instant secara peer to peer.
  2. Transfer ke mana saja
  3. Biaya transfer sangat kecil.
  4. Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
  5. Transaksi bitcoin bersifat anonim.
  6. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun (Disentralisasi)
  7. Jumlahnya terbatas
Alasan mengapa banyaknya orang yang menggunakan Bitcoin

Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Krisis finansial beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi. Pemerintah dipercaya selalu dikuasai oleh orang-orang yang korup dan hanya bekerja demi keuntungan pribadi, sehingga keputusan-keputusan finansial selalu berpihak kepada konglomerat belaka.

Konsep ini menarik bagi banyak orang terutama para geek di dunia IT. Banyak dari mereka mulai menginvestasikan aset mereka dalam bentuk bitcoin, sementara itu perekonomian dunia semakin labil terbukti dengan adanya krisis perbankan Amerika dan Eropa. Bitcoin dipercayai akan menjadi mata uang dan komoditas universal sehingga harga akan terus melambung tinggi.

Siapa yang menerbitkan Bitcoin

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut “mining”. Para miner (pelaku yang mencari Bitcoin lewat mining) menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. 

Jika berhasil menemukan 1 block akan mendapatkan imbalan 50 BTC, sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

Apakah Bitcoin benar-benar aman?

Anda mungkin berpikir bahwa sistem bitcoin yang open source memungkinkan seorang komputer jenius dapat membobol sistem bitcoin dan menerbitkan sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri. Kenyataannya sistem ini telah direview oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat. Setiap data transaksi masa lampau tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer baru dinyatakan valid. Jadi, Bitcoin benar-benar aman.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Anda dapet mendapatkan bitcoin dengan cara membeli, mining dengan komputer sendiri, ataupun menyewa jasa mining online (Cloud Mining). Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger-exchanger seperti bitcoin.co.id (indonesia), mtgox (US & Jepang), btcchina.com (China) dan masih banyak lainnya.

Anda juga bisa mendapatkan melalui faucet-faucet bitcoin. Anda tinggal register lalu tinggal claim bitcoin gratis. Rata-rata faucet menyediakan claim Bitcoin setiap satu jam sekali. Beraneka ragam faucet seperti http://freebitco.inhttp://freebitcoinnow.comhttp://77bitcoin.com dan masih banyak lagi yang lain.

Apakah membeli Bitcoin akan menguntungkan nantinya?

Pertanyaan ini seperti pertanyaan saham apa yang harus dibeli besok. Tidak ada yang bisa memastikan. Tapi kalau saya lihat dari perkembangan media yang meliput menyebabkan antusiasme akan bitcoin di mana-mana akan menciptakan demand yang sangat tinggi. Nilai kapitalisasi dari bitcoin sekarang adalah sekitar 11 Miliar USD atau 130 Triliun Rupiah (updated 14 Desember 2013), padahal ini masih permulaan banyak orang yang belum mengetahui Bitcoin.

Saya percaya harga akan terus melambung berkali-kali lipat, saya sendiri mulai menginvestasikan sejumlah uang ke dalam bitcoin. Bisnis yang saya lakukan adalah membeli Bitcoin lalu saya akan menjualnya kembali jika harga sudah melampaui dari harga beli sebelumnya. Bisa diibaratkan seperti investasi emas. Marketplace Bitcoin Indonesia silahkan Anda berkunjung di bitcoin.co.id. Anda bisa membeli dan menjual Bitcoin didalamnya. Namun tentunya saya tidak bertanggungjawab terhadap segala kerugian yang seandainya akan dialami pembaca.

Penjelasan Bitcoin melalui video:



Jika ingin menjelaskan tentang Bitcoin kepada kakek dan nenek, bisa melihat gambar dibawah ini:


Silahkan download foto jika foto tidak jelas DOWNLOAD

Demikian penjelasan tentang Bitcoin. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga artikel ini bisa membantu.

Apa Itu Bitcoin? 4.5 5 rizkirahmaaaa Pengertian bitcoin, asal mula bitcoin, cara mendapatkan bitcoin,fitur bitcoin, semua tentang bitcoin. Karena perkembangan zaman,transaksi jual beli di internet ternyata telah berkembang dengan begitu pesatnya. Bukan cuma proses transaksinya ...


2 comments:

  1. The color neon gas produces is red. This gas glows brightly at atmospheric pressure with its characteristic red glow. There are currently more than 150 color options. Nearly every other color is made with argon, mercury and phosphor. Neon tubes are all positive-column lamps that use positive-column gas fillings. The colors discovered were blue (Mercury), gold (Helium), white (Co2), red (Neon), as well as different colors from phosphor coating tubes. The mercury spectrum has a lot of ultraviolet light. This causes a tube with phosphor coating inside to glow. There are many pastel colors that phosphors can be found.
    More info

    ReplyDelete
  2. The Wheelchair and Medical Supply site 1-800 Wheelchair.com is a wheelchair and bike supply organization. They offer an associate program with a 6% commission rate, and their top of the line wheelchairs range from $549 to $2,295. Their program likewise makes some genuine memories detailing dashboard so you generally know where you stand.
    4MD Medical sells clinical gear for at-home use. Their bonus rate is 6% and they have a 60-day treat span. 4MD Medical says they have higher transformation rates on the grounds that their clients know what they need, as opposed to simply investing energy perusing.
    https://www.postingat.com/how-to-design-your-perfect-digital-advertising-copy/

    ReplyDelete

J-Theme